
source image: Canva
Purwokerto, 06 Juni 2024
Taukah kalian guys, dalam era digital yang terus berkembang ini data telah menjadi aspek terpenting dalam perusaaan. konsep dari big data sendiri perlahan menggerus konsep konsep lama yang akhirnya berevolusi menjadi landasan baru di era ini. memberikan peluang besar untuk dapat menganalisis pola, trend, dan juga prilaku konsumen, yang akan memberikan pengetahuan yang berharga bagi perusahaan di era bisnis digital ini, yang mana saat ini big data sendiri telah menjadi salah satu kunci sukses dari sebuah perusahaan. Sebagai seseorang yang memiliki perusahaan ataupun bagi para perintis pembangun negri, sudah tentu mengetahui dan mendalami big data menjadi suatu keharusan yang akan menuntun kalian untuk memajukan usaha kalian lebih lanjut, dalam kesempatan kali ini kita akan belajar singkat apa itu big data dan bagaimana kita bisa menggali potensi bisnis melalui big data di era digital ini
Apa itu Big Data?
Big data merajuk dalam seberapa besar volume data atau jumlah data yang dikelola, serta diproduksi setiap saat dari berbagai sumber diantaranya seperti media sosial, gadget, perangkat lunah, dan lainya. Data-data ini sangat bervariasi yang mana termasuk di dalamnya teks, gambar, suara, dan video. tantangan utama dalam memanfaatkan Big Data ialah bagaimana cara kita mengelola, menganalisa, serta mengekstrasi informasi berharga dari segunung informasi yang telah terkumpul.
Manfaat Big Data dalam Bisnis Digital
Setelah kita mengumpulkan segudang informasi berharga serta secara teliti mengekstraksi dan memproses seluruh data yang ada, data-data itu dapat kita fungsikan untuk mencari dan menganalisa berbagai hal seperti halnya
- Pemahaman konsumen yang lebih baik: Dengan menganalisis data konsumen dari berbagai sumber, perusahaan dapat memahami preferensi dan prilaku konsumen secara lebih mendalam. ini memungkinkan perusahaan untuk melakukan penyesuaian produk, membuat pemasaran yang lebih efektif, dan pelayanan pelanggan yang tentunya jauh lebih baik lagi.
- peningkatan keputusan berbasis data: Dengan adanya big data perusahaan dapat membuat keputusan yang lebih bijak dengan bantuan informasi informasi yang telah terkumpul, dengan big data pemilihan keputusan akan jauh lebih objektif dan konkrit di bandingkan mengakuisisi keputusan secara satu pihak saja. dengan menganalisis data secara real time perusaan dapat merespons perubahan pasar dengan cepat dan tepat untuk mengoptimalkan strategi mereka.
- inofasi produk dan layanan: Analisis big data dapat mengungkap tren pasar yang baru secara aktual sehingga perusahaan dapat membuat peluang inovasi dengan lebih cepat dengan cermat. DEngan wawasan yang di dapat dari Big Data perusahaan dapat melakukan pengembangan produk dan layanan baru yang lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen saat ini.
- Optimisasi operasional: Big Data dapat membantu perusahaan dalam mengoptimalisasi proses operasional mereka. Dengan adanya Big Data perusahaan akan lebih mudah untuk melakukan analisa data operasional dan melakukan efisiensi pada bagian bagian yang bisa untuk di tingkatkan serta biaya biaya yang dapat dikurangi.
-
Personalisasi pengalaman pengguna: Dengan menggunakan Big Data, perusahaan dapat menyajikan pengalaman yang lebih personal kepada pengguna. Pengalaman yang lebih personal bisa berkaitan dengan rekomendasi produk yang disesuaikan untuk pengguna atau kelompok pengguna tertentu sesuai data yang di dapatkan di Big Data, konten yang dipersonalisasi sesuai dengan kepribadian atau kecenderungan pengguna, atau layanan pelanggan yang lebih responsif.
Tantangan dalam pemanfaatan Big Data
Meskipun potensi serta manfaat yang besar dapat di berikan oleh Big data, tentunya akan ada halangan dan tantangan yang harus diatasi dalam pemanfaatan Big Data yang antara lain seperti:
- Privasi dan keamanan: Pengumpulan dan penggunaan data konsumen dengan jumlah yang tergolong besar harus diikutkan dengan memperhatikan privasi dan keamanan dari data tersebut. Peanggaran privasi pelanggan dapat dengan mudah merusak reputasi perusahaan serta dapat di hadapkan dengan konsekuensi hukum.
-
Keterbatasan infrastruktur: Mengelola dan menganalisis volume besar data tidaklah mudah, kegiatan ini memerlukan infrastruktur komputasi yang kuat. Banyak perusahaan harus menginvestasikan dalam jumlah besar untuk infrastruktur baru atau menggunakan layanan cloud yang tentunya tidak murah untuk mengatasi tantangan ini.
-
Keterampilan analisis: Menganalisis Big Data memerlukan keterampilan dan pengetahuan yang spesifik, karena itulah di era sekarang ini banyak di butuhkan role pekerjaan seperti data analis yang tentunya sering kalian dengar, data analis di era sekarang ini menjadi salah satu posisi dalam pekerjaan yang di butuhkan banyak perusahaan seperti lulusan lulusan yang ada di ITTP. Banyak perusahaan menghadapi kesulitan dalam menemukan dan mempertahankan karyawan yang memiliki keterampilan ini.
Kesimpulan
Big Data telah menjadi pendorong utama transformasi digital dalam bisnis. Dengan menganalisis data yang diperoleh dari berbagai sumber, perusahaan dapat memperoleh wawasan yang berharga yang dapat meningkatkan keputusan strategis, inovasi produk, dan interaksi dengan konsumen. Namun, tantangan seperti privasi data dan keterbatasan infrastruktur perlu diatasi agar potensi Big Data dapat sepenuhnya dimanfaatkan. Dengan terus mengembangkan kemampuan dalam menganalisis dan memanfaatkan Big Data, perusahaan dapat tetap bersaing dan berkembang dalam era bisnis digital yang semakin kompetitif.
Daftar pustaka
Viktor Mayer-Schönberger dan Kenneth Cukier, “Big Data Revolution: How Big Data Is Reshaping Our World”
McKinsey Global Institute, “The Power of Big Data: Unlocking Value in Business and Society”
Baca juga : Yuk kenalan sama bisnis digital
Penulis: Sultonul Hakim | Editor: Tim IT Bisnis Digital | Foto: Canva